RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Mendengarkan
Topik : Descriptive text
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang
berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
C. Indikator
1. Merespon
informasi dalam teks lisan monolog
berbentuk descriptive.
2. Menentukan
ciri kebahasaan dari teks descriptive yang didengar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Merespon
informasi dalam teks lisan
monolog berbentuk descriptive dengan
benar.
2. Menentukan
ciri kebahasaan dari teks descriptive yang didengar dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat
dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung
Jawab (Responsibility)
Berani (Courage)
Ketulusan
(Honesty)
E. Materi Pembelajaran
Kosa kata terkait descriptive text:
-
A fat man -
a round face - a
pointed nose
-
A slim woman - straight hair - a flat nose
-
A tall man -
curly hair -
black hair
-
A short woman -
thick lips -
grey hair
-
An oval face - thin lips - round eyes
-
A slanting eye
Descriptive text has main parts:
1. The introduction that
gives general information about person (name, job, and age).
2. The main part that
describes the person in details (for example how he/she looks like, how tall,
how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and leg).
Ciri Kebahasaan terkait teks deskriptif:
-
Simple
present tense
-
Particular
nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-
Adjectives
(example: strong, tall, short, etc.)
-
Adverbials
(example: at the tree house, in the forest, etc.)
Fungsi komunikatif:
To describe a
particular person, place, or thing.
F.
Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Audiolingual method)
G.
Langkah-Langkah Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan
sebelumnya.
2)
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan tentang berbagai hal terkait teks deskriptif seperti kosa kata,
ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif terkait teks deskriptif.
·
Siswa
mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait teks deskriptif yang
dijelaskan oleh guru.
·
Guru
menjelaskan tentang kosa kata, dan ciri kebahasaan yang muncul dalam teks
deskriptif.
·
Siswa
memperhatikan apa yang guru jelaskan.
b)
Elaborasi
·
Guru
memberikan gambar tiga orang pria yang mempunyai karakteristik yang berbeda
kepada siswa (Activity 1).
·
Guru
membacakan deskripsi dari masing-masing gambar orang yang ada pada gambar
tersebut.
·
Siswa
merespon secara lisan gambar yang dideskripsikan oleh guru.
·
Guru
memberikan teks deskriptif yang rumpang yang harus dilengkapi oleh siswa
(Activity 2).
·
Guru
membacakan deskripsi teks tersebut.
·
Siswa
melengkapi kalimat yang rumpang dalam paragraf dari teks tersebut berdasarkan
apa yang mereka dengarkan dari deskripsi yang guru bacakan.
·
Guru
membacakan deskripsi tentang Rudi pada Activity 3.
·
Siswa
menentukan ciri kebahasaan yang didengar dari apa yang guru bacakan dan ditulis
kedalam tabel yang disediakan.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang hal terkait dengan teks
deskriptif, seperti kosa kata, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif dari
teks deskriptif.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Spidol, Penghapus.
3)
Media :
Papan tulis, teks descriptive
relevan.
I.
Penilaian
1)
Instrumen
1. Your
teacher will read the description of Cecep, Dodi, and Joko. Which picture do
you think matches the description? Listen to the teacher.
2. Listen to the text and fill in the blanks.
3. Your teacher will read the text aloud. Listen
carefully and write down the description of Rudi.
Homework:
Record
what your partner says in describing the room in your house. Then, write it
down at least one paragraph and send it into an email of your teacher (Antonmuzaeny@yahoo.co.id).
2)
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Grammar/mechanics.
|
|||||
2.
|
Overall
effectiveness of the message.
|
Mengetahui, Cirebon,
5 Mei 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
harap koreksi isi blog anda, jangan publish nip tanpa seizin orang yg bersangkutan
BalasHapusThank You
BalasHapus