Chibi Captain America

Minggu, 19 Juni 2016

Descriptive Text (Listening Skill - RPP KTSP) Kelas 7



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Nama Sekolah                 :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester               :           VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                      :           Mendengarkan
Topik                               :           Descriptive text
Alokasi Waktu                 :           2 x 40 menit
Kurikulum                       :           KTSP

A.    Standar Kompetensi
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
C.    Indikator
1.   Merespon informasi dalam teks lisan monolog  berbentuk descriptive.
2.   Menentukan ciri kebahasaan dari teks descriptive yang didengar.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Merespon informasi dalam teks lisan monolog berbentuk descriptive dengan benar.
2.   Menentukan ciri kebahasaan dari teks descriptive yang didengar dengan tepat.
  Karakter siswa yang diharapkan:        Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                              Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                              Tekun (diligence)
                                                              Tanggung Jawab (Responsibility)
                                                              Berani (Courage)
                                                              Ketulusan (Honesty)

E.     Materi Pembelajaran
     Kosa kata terkait descriptive text:
-       A fat man                           - a round face                          - a pointed nose
-       A slim woman                    - straight hair                           - a flat nose
-       A tall man                           - curly hair                               - black hair
-       A short woman                   - thick lips                               - grey hair
-       An oval face                       - thin lips                                 - round eyes
-       A slanting eye
   Descriptive text has main parts:
1.   The introduction that gives general information about person (name, job, and age).
2.   The main part that describes the person in details (for example how he/she looks like, how tall, how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and leg).
  Ciri Kebahasaan terkait teks deskriptif:
-       Simple present tense
-       Particular nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-       Adjectives (example: strong, tall, short, etc.)
-       Adverbials (example: at the tree house, in the forest, etc.)
   Fungsi komunikatif:
   To describe a particular person, place, or thing.

F.  Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Audiolingual method)
G. Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
2)   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
·      Guru menjelaskan tentang berbagai hal terkait teks deskriptif seperti kosa kata, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif terkait teks deskriptif. 
·      Siswa mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait teks deskriptif yang dijelaskan oleh guru.
·      Guru menjelaskan tentang kosa kata, dan ciri kebahasaan yang muncul dalam teks deskriptif.
·      Siswa memperhatikan apa yang guru jelaskan.
b)  Elaborasi
·   Guru memberikan gambar tiga orang pria yang mempunyai karakteristik yang berbeda kepada siswa (Activity 1).
·   Guru membacakan deskripsi dari masing-masing gambar orang yang ada pada gambar tersebut.
·   Siswa merespon secara lisan gambar yang dideskripsikan oleh guru.
·   Guru memberikan teks deskriptif yang rumpang yang harus dilengkapi oleh siswa (Activity 2).
·   Guru membacakan deskripsi teks tersebut.
·   Siswa melengkapi kalimat yang rumpang dalam paragraf dari teks tersebut berdasarkan apa yang mereka dengarkan dari deskripsi yang guru bacakan.
·   Guru membacakan deskripsi tentang Rudi pada Activity 3.
·   Siswa menentukan ciri kebahasaan yang didengar dari apa yang guru bacakan dan ditulis kedalam tabel yang disediakan.  
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang hal terkait dengan teks deskriptif, seperti kosa kata, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif dari teks deskriptif.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media, Alat dan Sumber Belajar
1)   Sumber belajar        : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)   Alat                         : Spidol, Penghapus.
3)   Media                     : Papan tulis, teks descriptive relevan.
I.    Penilaian
1)   Instrumen

1. Your teacher will read the description of Cecep, Dodi, and Joko. Which picture do you think matches the description? Listen to the teacher.
2. Listen to the text and fill in the blanks.
3. Your teacher will read the text aloud. Listen carefully and write down the description of Rudi. 
Homework:

Record what your partner says in describing the room in your house. Then, write it down at least one paragraph and send it into an email of your teacher (Antonmuzaeny@yahoo.co.id). 

2)      Rubrik Penilaian

No.
Aspek penilaian
1
2
3
4
5
1.
Grammar/mechanics.





2.
Overall effectiveness of the message.





Cara penilaian: setiap skor dikalikan 10 sehingga skor tertinggi 100 



Mengetahui,                                                               Cirebon, 5 Mei 2016
Guru Pembimbing,                                                   Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                          Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                             NPM:  


2 komentar: