BAB
III
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek : Mendengarkan
Topik : Procedure text
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana yang berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam
monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure.
C. Indikator
1.
Merespon
informasi dalam teks lisan monolog berbentuk procedure.
2.
Menentukan ciri
kebahasaan teks prosedur yang didengar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Merespon informasi dalam teks
lisan monolog berbentuk procedure
dengan tepat.
2. Menentukan ciri kebahasaan teks
prosedur yang didengar dengan benar.
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat
dipercaya (trustworthiness)
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
Tanggung Jawab (responsibility)
Berani (courage)
Ketulusan (honesty)
E. Materi Pembelajaran
Kosa
kata terkait dengan teks prosedur:
-
Warm -
Milk white
-
Put - Sugar
-
Blend -
Ice
-
Mix -
Vanilla yogurt
-
Pour -
Moment Espresso
-
First -
Well-cooked
-
Then -
Firmly
-
Next -
Carefully
-
Last -
Well
-
Finally -
Fairly
Ciri kebahasaan terkait
dengan teks prosedur:
-
Simple
present
-
Imperative
(Example: don’t boil, stir, etc.)
-
Action
verb (Example: mix, pour, put, stir, etc.)
-
Connectives/Sequence
(Example: first, then, after that, finally, etc.)
-
Adverb
(Example: fairly, well, etc.)
Langkah retorika terkait
dengan teks prosedur:
-
Goal/Purpose
-
Material/Tools
-
Method/Steps
Fungsi komunikatif
terkait dengan teks prosedur:
How to do or how to make
something.
F. Metode
Pembelajaran:
Cooperative learning (Audiolingual method)
G. Langkah-Langkah
Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan
tentang hal yang di lakukan pada pertemuan sebelumnya.
2) Kegiatan
Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan tentang berbagai hal terkait teks prosedur seperti langkah retorika
dan fungsi komunikatif dari teks prosedur.
·
Siswa
mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait teks prosedur yang
dijelaskan oleh guru.
·
Guru
menjelaskan tentang kosa kata, dan tata bahasa yang muncul dalam teks prosedur.
·
Siswa
memperhatikan apa yang guru jelaskan.
b)
Elaborasi
·
Guru
memberikan teks prosedur tentang “How to
Make a Birthday Card” (activity 1).
·
Siswa
mendengarkan dan mengidentifikasi kosa kata, dan tata bahasa yang muncul dalam
teks prosedur yang guru bacakan (activity
2).
·
Siswa
kemudian menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks prosedur yang telah
dibacakan (activity 3)
·
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan fungsi komunikatif teks prosedur yang telah
didengar.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang berbagai hal terkait teks
prosedur, seperti langkah retorika, fungsi komunikatif, kosa kata, dan tata
bahasa.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
1)
Alat :
Script
2)
Media : Papan tulis, spidol, dan
teks prosedur.
I. Penilaian
1) Instrumen
1. Listen to your teacher. He will read how to make a birthday card for
you. Take notes on the steps.2. Listen again to your teacher and give a tick to the commands you hear.
3. Answer the following questions based on the text in Activity 1.
Homework:
In a group of five, go to a food store. Ask somebody there about how to cook the food they provide.
2)
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Grammar/mechanics.
|
|||||
2.
|
Overall
effectiveness of the message.
|
Cara
penilaian: setiap skor dikalikan 10 sehingga skor tertinggi 100
Mengetahui, Cirebon,
25 April 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar