Chibi Captain America

Sabtu, 18 Juni 2016

Procedure Text (Listening Skill - RPP KTSP) Kelas 7 SMP



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Nama Sekolah                 :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester               :           VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                      :           Mendengarkan
Topik                               :           Procedure text
Alokasi Waktu                 :           2 x 40 menit

A.    Standar Kompetensi
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure.
C.    Indikator
1.   Merespon informasi dalam teks lisan monolog berbentuk procedure.
2.   Menentukan ciri kebahasaan teks prosedur yang didengar.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Merespon informasi dalam teks lisan monolog berbentuk procedure dengan tepat.
2.   Menentukan ciri kebahasaan teks prosedur yang didengar dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan:      Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                     Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                                 Tekun (diligence)
                                                                 Tanggung Jawab (responsibility)
                                                                 Berani (courage)
                                                                 Ketulusan (honesty)
E.     Materi Pembelajaran
Kosa kata terkait dengan teks prosedur:
-       Warm                                            - Milk white
-       Put                                                 - Sugar
-       Blend                                            - Ice
-       Mix                                                - Vanilla yogurt
-       Pour                                               - Moment Espresso
-       First                                               - Well-cooked
-       Then                                              - Firmly
-       Next                                              - Carefully
-       Last                                               - Well
-       Finally                                           - Fairly
Ciri kebahasaan terkait dengan teks prosedur:
-       Simple present
-       Imperative (Example: don’t boil, stir, etc.)
-       Action verb (Example: mix, pour, put, stir, etc.)
-       Connectives/Sequence (Example: first, then, after that, finally, etc.)
-       Adverb (Example: fairly, well, etc.)
Langkah retorika terkait dengan teks prosedur:
-       Goal/Purpose
-       Material/Tools
-       Method/Steps
Fungsi komunikatif terkait dengan teks prosedur:
How to do or how to make something.
F.     Metode Pembelajaran: Cooperative learning (Audiolingual method)
G.    Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang di lakukan pada pertemuan sebelumnya.
2)   Kegiatan Inti
a)      Eksplorasi
·   Guru menjelaskan tentang berbagai hal terkait teks prosedur seperti langkah retorika dan fungsi komunikatif dari teks prosedur.
·   Siswa mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait teks prosedur yang dijelaskan oleh guru.
·   Guru menjelaskan tentang kosa kata, dan tata bahasa yang muncul dalam teks prosedur.
·   Siswa memperhatikan apa yang guru jelaskan.
b)  Elaborasi
·   Guru memberikan teks prosedur tentang “How to Make a Birthday Card” (activity 1).
·   Siswa mendengarkan dan mengidentifikasi kosa kata, dan tata bahasa yang muncul dalam teks prosedur yang guru bacakan (activity 2).
·   Siswa kemudian menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks prosedur yang telah dibacakan (activity 3)
·   Guru meminta siswa untuk menyebutkan fungsi komunikatif teks prosedur yang telah didengar.
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang berbagai hal terkait teks prosedur, seperti langkah retorika, fungsi komunikatif, kosa kata, dan tata bahasa.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.    Media, Alat dan Sumber Belajar
1)      Sumber belajar     : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
1)      Alat                      : Script
2)      Media                  : Papan tulis, spidol, dan teks prosedur.
I.       Penilaian
1)   Instrumen
1. Listen to your teacher. He will read how to make a birthday card for you. Take notes on the steps.
2. Listen again to your teacher and give a tick to the commands you hear.
3. Answer the following questions based on the text in Activity 1. 
Homework:
In a group of five, go to a food store. Ask somebody there about how to cook the food they provide.


2)   Rubrik Penilaian
No.
Aspek penilaian
1
2
3
4
5
1.
Grammar/mechanics.





2.
Overall effectiveness of the message.






Cara penilaian: setiap skor dikalikan 10 sehingga skor tertinggi 100


Mengetahui,                                                             Cirebon, 25 April 2016
Guru Pembimbing,                                                  Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                        Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                           NPM: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar