RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Membaca
Topik : Procedure text
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
11. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
11.2 Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
descriptive/procedure.
C. Indikator
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks procedure.
2. Mengidentifikasi
fungsi komunikatif teks procedure.
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Mengidentifikasi fungsi
komunikatif teks procedure dengan
benar.
2. Mengidentifikasi langkah
retorika teks procedure dengan benar.
3. Menyebutkan unsur
kebahasaan teks procedure dengan
benar.
4. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks procedure
dengan benar.
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat
dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
Tanggung
Jawab (Responsibility)
E. Materi Pembelajaran
1.
Fungsi Komunikatif
Procedural
text is a text that gives some clues of how to do something through a series of
actions or to describe how something is accomplished through a sequence of
actions or steps.
2.
Langkah retorika/Generic
Structure
-
Goal/purpose: to give information what we
need.
-
Material: things that you need to make an
object.
-
Method/steps: the information about steps to
make an object.
3.
Unsur Kebahasaan
-
Imperatives verb (don’t boil, stir, etc.)
-
Action verb (mix, pour, put, stir, etc.)
-
Connectives/Sequence (first, finally, then,
etc.)
-
Adverb/Adverbial phrase (fairly, well, etc.)
F. Metode
Pembelajaran:
Cooperative Learning (STAD)
G. Langkah-Langkah
Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Pre-test
·
Apersepsi
dengan mengaitkan pre-test yang telah dilakukan dengan materi yang akan
diajarkan.
2)
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
mengulas kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
·
Guru
memberikan contoh teks prosedur berupa resep membuat strawberry juice (Activity
1).
·
Guru
menanyakan apa fungsi komunikatif, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks
prosedur tersebut kepada peserta didik.
b)
Elaborasi
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
·
Guru
memberikan teks prosedur How to make
Ketoprak (Post-test).
·
Guru
menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi tujuan,
struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
·
Peserta
didik menganalisis informasi yang ada pada teks prosedur yang diberikan.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang fungsi komunikatif, struktur teks
dan unsur kebahasaan dari teks prosedur.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Authentic Material
(Strawberry Juice dan Ketoprak).
3)
Media : Papan tulis, teks
prosedur.
I. Penilaian
1)
Instrumen
Choose the
best answer either A, B, C, or D on the questions below based on the text
above!
For downloading the exercise, please click
For downloading the exercise, please click
2)
Rubrik Penilaian
§ Evaluasi Reading task 1 and 2.
The number of question is 5
Total scoring: 5 x 20 = ….
Example: 4 x 20= 80.
Mengetahui, Cirebon,
21 April 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar