Chibi Captain America

Sabtu, 18 Juni 2016

Procedure Text (Reading Skill - RPP KTSP) Kelas 7 SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                 :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester               :           VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                      :           Membaca
Topik                               :           Procedure text
Alokasi Waktu                 :           4 x 40 menit
Kurikulum                       :           KTSP

A.    Standar Kompetensi
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
B.  Kompetensi Dasar
11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure.
C.    Indikator
1.   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks procedure.
2.   Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks procedure.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Mengidentifikasi fungsi komunikatif teks procedure dengan benar.
2.   Mengidentifikasi langkah retorika teks procedure dengan benar.
3.   Menyebutkan unsur kebahasaan teks procedure dengan benar.
4.   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks procedure dengan benar.
   Karakter siswa yang diharapkan:      Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                              Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                              Tekun (diligence)
                                                              Tanggung Jawab (Responsibility)
E.  Materi Pembelajaran
1.   Fungsi Komunikatif
                           Procedural text is a text that gives some clues of how to do something through a series of actions or to describe how something is accomplished through a sequence of actions or steps.
2.   Langkah retorika/Generic Structure
-    Goal/purpose: to give information what we need.
-    Material: things that you need to make an object.
-    Method/steps: the information about steps to make an object.
3.   Unsur Kebahasaan
-    Imperatives verb (dont boil, stir, etc.)
-    Action verb (mix, pour, put, stir, etc.)
-    Connectives/Sequence (first, finally, then, etc.)
-    Adverb/Adverbial phrase (fairly, well, etc.)
F.  Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (STAD)
G. Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Pre-test
·   Apersepsi dengan mengaitkan pre-test yang telah dilakukan dengan materi yang akan diajarkan.
2)   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
·      Guru mengulas kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
·      Guru memberikan contoh teks prosedur berupa resep membuat strawberry juice (Activity 1).
·      Guru menanyakan apa fungsi komunikatif, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks prosedur tersebut kepada peserta didik.
b)  Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
·         Guru memberikan teks prosedur How to make Ketoprak (Post-test).
·   Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
·   Peserta didik menganalisis informasi yang ada pada teks prosedur yang diberikan.
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang fungsi komunikatif, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks prosedur.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media, Alat dan Sumber Belajar
1)   Sumber belajar           : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)   Alat                         : Authentic Material (Strawberry Juice dan Ketoprak).
3)   Media                     : Papan tulis, teks prosedur.
I.    Penilaian
1)   Instrumen

Choose the best answer either A, B, C, or D on the questions below based on the text above!
For downloading the exercise, please click 
2)   Rubrik Penilaian
§ Evaluasi Reading task 1 and 2.
The number of question is 5
Total scoring: 5 x 20 = ….
Example: 4 x 20= 80.




Mengetahui,                                                             Cirebon, 21 April 2016
Guru Pembimbing,                                                  Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                         Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                            NPM:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar