Chibi Captain America

Minggu, 19 Juni 2016

Descriptive Text (Writing Skill - RPP KTSP) Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                 :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester               :           VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                      :           Menulis
Topik                               :           Descriptive text
Alokasi Waktu                 :           6 x 40 menit
Kurikulum                       :           KTSP

A.    Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.  
C.    Indikator
1.   Menyusun teks descriptive.
2.   Menulis teks berbentuk descriptive.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Menyusun teks descriptive dengan tepat.
2.   Menulis teks berbentuk descriptive dengan benar.
              Karakter siswa yang diharapkan:      Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                                        Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                                        Tekun (diligence)
E.     Materi Pembelajaran         
1.   Langkah Retorika
-       Introduction
The part of that gives general information about person (name, job, and age).
-       Description
The part that describes the person in details (for example how he/she looks like, how tall, how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and leg).
     Sometimes a descriptive text has a general comment at the end, for example: He is a good person and we love him very much.
2.   Ciri Kebahasaan terkait teks descriptive
-       Simple present tense
-       Particular nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-       Adjectives (example: strong, tall, short, etc.)
-       Adverbials (example: at the tree house, in the forest, etc.)
3.   Fungsi komunikatif
         To describe a particular person, place, or thing.
F.  Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Think Pair Share)
G. Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
2)   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
·      Guru mengulas kembali tentang langkah retorika, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif terkait dengan teks descriptive.
·      Guru memberikan contoh sederhana teks descriptive yaitu pendeskripsian ruang kelas dengan menjelaskan adjective yang digunakan dalam mendeskripsikan ruang kelas.
·      Guru menghubungkan kalimat yang disebutkan dalam mendeskripsikan ruang kelas menjadi sebuah paragraf teks descriptive yang baik.
b)  Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
·   Guru memberikan gambar ruang kelas pada activity 1 kepada tiap-tiap kelompok.
·   Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk melengkapi kalimat dengan pilihan adjective yang disediakan.
·   Guru menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk menyusun kalimat-kalimat pada activity 1 untuk dibuat menjadi sebuah paragraf descriptive yang baik dalam activity 2.
·   Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk membuat kalimat-kalimat sederhana tentang pendeskripsian gambar yang disediakan dalam activity 3.
·   Peserta didik menyusun, dan menulis teks descriptive dengan memperhatikan langkah retorika, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif terkait dengan teks descriptive.
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang fungsi komunikatif, ciri kebahasaan dan langkah retorika dari teks descriptive.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.    Media, Alat dan Sumber Belajar
1)   Sumber belajar      : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)   Alat                       : Gambar relevan, spidol, penghapus.
3)   Media                    : Papan tulis, teks descriptive relevan.
I.    Penilaian
1)   Instrumen
Activity 1
Work in pairs. Describe your classroom condition with your friend. Choose the words that really describe your classroom.





                1.   The floor is _________. (wide/narrow)
2.      The blackboard is _________. (clean/dirty)
3.      Your friend is _________. (fat/thin)
4.      Your bag is _________. (full/empty)
5.      The ceiling is _________. (high/low)
6.      The clock on the wall is _________. (big/small)
7.      The windows are _________. (open/closed)
8.      The light on the ceiling is _________. (on/off)
Activity 2
Combine the completed sentences in Activity 1 into a good paragraph. Start with the following sentence.
        We study in a nice classroom. The floor _____________. The blackboard _____________. The ceiling _____________. The clock on the wall _____________. The windows _____________. The light on the ceiling _____________.
Activity 3
Check what each animal has. Work with your friend in pairs. Write simple sentences to describe each animal.
Example: 1. A tiger has a long tail.

Little Legs
Short Neck
Big Ears
Long Nose
Long Tail
























Pic. 6.10 (Microsoft Corporation, 1999)
1.  …………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2.  …………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
3.  …………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
4.  …………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………...
2)   Rubrik Penilaian
No.
Aspek penilaian
1
2
3
4
5
1.
Grammar/mechanics





2.
Overall effectiveness of the message





            Cara penyekoran: setiap skor dikalikan dua sehingga skor tertinggi 20        

20-18
Excellent to Good
17-15
Good to Adequate
14-12
Adequate to fair
11-6
Unacceptable
5-1
College level work
Organization





Logical development of ideas





Grammar





Punctuation and Spelling and mechanics





Style and Quality of expression













Mengetahui,                                                            Cirebon, 16 Mei 2016
Guru Pembimbing,                                                Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                     Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                        NPM:

1 komentar:

  1. harap koreksi semua isi blog anda. NIP jangan dipublish tanpa seizin orang yg bersangkutan(!!!)

    BalasHapus