RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Menulis
Topik : Descriptive text
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
C. Indikator
1. Menyusun teks descriptive.
2. Menulis teks berbentuk descriptive.
D.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Menyusun teks descriptive
dengan tepat.
2. Menulis teks berbentuk descriptive dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
E. Materi Pembelajaran
1. Langkah
Retorika
-
Introduction
The part of that gives general information about
person (name, job, and age).
-
Description
The part that describes the person in details (for
example how he/she looks like, how tall, how slim/fat, his/her face shape,
nose, eyes, forehead, arms, and leg).
Sometimes
a descriptive text has a general comment at the end, for example: He is a good
person and we love him very much.
2. Ciri Kebahasaan terkait teks descriptive
-
Simple
present tense
-
Particular
nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-
Adjectives
(example: strong, tall, short, etc.)
-
Adverbials
(example: at the tree house, in the forest, etc.)
3. Fungsi
komunikatif
To
describe a particular person, place, or thing.
F.
Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Think Pair Share)
G.
Langkah-Langkah Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan
sebelumnya.
2)
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
mengulas kembali tentang langkah retorika, ciri kebahasaan, dan fungsi
komunikatif terkait dengan teks descriptive.
·
Guru
memberikan contoh sederhana teks descriptive
yaitu pendeskripsian ruang kelas dengan menjelaskan adjective yang digunakan dalam mendeskripsikan ruang kelas.
·
Guru
menghubungkan kalimat yang disebutkan dalam mendeskripsikan ruang kelas menjadi
sebuah paragraf teks descriptive yang
baik.
b)
Elaborasi
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
·
Guru
memberikan gambar ruang kelas pada activity
1 kepada tiap-tiap kelompok.
·
Guru
menugaskan kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk melengkapi
kalimat dengan pilihan adjective yang
disediakan.
·
Guru
menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk
menyusun kalimat-kalimat pada activity 1
untuk dibuat menjadi sebuah paragraf descriptive
yang baik dalam activity 2.
·
Guru
menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk membuat kalimat-kalimat
sederhana tentang pendeskripsian gambar yang disediakan dalam activity 3.
·
Peserta
didik menyusun, dan menulis teks descriptive
dengan memperhatikan langkah retorika, ciri kebahasaan, dan fungsi komunikatif
terkait dengan teks descriptive.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang fungsi komunikatif, ciri
kebahasaan dan langkah retorika dari teks descriptive.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Gambar relevan, spidol,
penghapus.
3)
Media :
Papan tulis, teks descriptive relevan.
I.
Penilaian
1)
Instrumen
Activity
1
Work
in pairs. Describe your classroom condition with your friend. Choose the words
that really describe your classroom.
1. The floor is _________. (wide/narrow)
2.
The
blackboard is _________. (clean/dirty)
3.
Your
friend is _________. (fat/thin)
4.
Your
bag is _________. (full/empty)
5.
The
ceiling is _________. (high/low)
6.
The
clock on the wall is _________. (big/small)
7.
The
windows are _________. (open/closed)
8.
The
light on the ceiling is _________. (on/off)
Activity
2
Combine
the completed sentences in Activity 1 into a good paragraph. Start with the
following sentence.
We study
in a nice classroom. The floor _____________. The blackboard _____________. The
ceiling _____________. The clock on the wall _____________. The windows
_____________. The light on the ceiling _____________.
Activity
3
Check
what each animal has. Work with your friend in pairs. Write simple sentences to
describe each animal.
Example: 1. A
tiger has a long tail.
Little Legs
|
Short Neck
|
Big Ears
|
Long Nose
|
Long Tail
|
|
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
Pic. 6.10 (Microsoft Corporation, 1999)
1.
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2.
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
4. …………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………...
2)
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Grammar/mechanics
|
|||||
2.
|
Overall
effectiveness of the message
|
Cara
penyekoran: setiap skor dikalikan dua sehingga skor tertinggi 20
20-18
Excellent to Good
|
17-15
Good to Adequate
|
14-12
Adequate to fair
|
11-6
Unacceptable
|
5-1
College level work
|
|
Organization
|
|||||
Logical development
of ideas
|
|||||
Grammar
|
|||||
Punctuation and
Spelling and mechanics
|
|||||
Style and Quality of
expression
|
Mengetahui, Cirebon,
16 Mei 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
harap koreksi semua isi blog anda. NIP jangan dipublish tanpa seizin orang yg bersangkutan(!!!)
BalasHapus