RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Berbicara
Topik : Descriptive text
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
10.2 Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
C. Indikator
1. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolog
berbentuk descriptive.
2. Menyebutkan
ciri kebahasaan teks descriptive yang didengar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Mengungkapkan berbagai informasi dalam teks monolog
berbentuk descriptive dengan benar.
2. Menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive yang didengar dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
E. Materi Pembelajaran
Kosa kata terkait descriptive text:
-
A fat man -
a round face - a
pointed nose
-
A slim woman -
straight hair -
a flat nose
-
A tall man -
curly hair -
black hair
-
A short woman -
thick lips -
grey hair
-
An oval face -
thin lips -
round eyes
-
A slanting eye
Descriptive text has main parts:
1. The introduction that
gives general information about person (name, job, and age).
2. The main part that
describes the person in details (for example how he/she looks like, how tall,
how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and leg).
Ciri Kebahasaan terkait teks deskriptif:
-
Simple
present tense
-
Particular
nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-
Adjectives
(example: strong, tall, short, etc.)
-
Adverbials
(example: at the tree house, in the forest, etc.)
Fungsi komunikatif:
To describe a
particular person, place, or thing.
F.
Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Communicative Approach)
G.
Langkah-Langkah Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan
sebelumnya.
2)
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
membacakan kosa kata yang berkaitan dengan teks deskriptif.
·
Siswa
melafalkan apa yang diucapkan oleh guru.
·
Guru
memberikan dialog jenis deskriptif untuk dipraktekkan oleh siswa secara
berpasangan didepan kelas (Activity 1).
b)
Elaborasi
·
Siswa
mempraktekkan dialog secara berpasangan di depan kelas.
·
Guru
menanyakan beberapa informasi yang ada dalam dialog melalui beberapa pertanyaan
yang diberikan kepada siswa (Activity 2).
·
Siswa
merespon pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam dialog secara
berpasangan.
·
Guru
menunjukkan gambar kepada siswa dan memberikan beberapa pertanyaan terkait
dengan gambar untuk dijawab secara lisan (Activity 3).
·
Siswa
menjawab pertanyaan secara lisan terkait dengan gambar yang ditunjukkan oleh
guru.
·
Guru
meminta siswa untuk mendeskripsikan temannya secara berpasangan di depan kelas
(Activity 4).
·
Siswa
melakukan monolog untuk mendeskripsikan temannya secara berpasangan didepan
kelas.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang kosa kata, ciri kebahasaan, dan
fungsi komunikatif terkait dengan teks deskriptif.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Spidol, penghapus.
3)
Media :
Papan tulis, teks descriptive relevan.
I. Penilaian
1)
Instrumen
Activity
1:
Practice the following
dialogues.
1.
Alam :
Where does Mr Fandi work?
Tedi : He
works for Garuda Indonesia Airways.
Alam : Is
he a flight attendant?
Tedi :
No. He is a pilot.
Alam :
What does he look like?
Tedi : He
is tall and has a short black hair.
2.
Evi : Where does Ima work?
Eka : She works in a restaurant.
Evi : Is she a waitress?
Eka : Yes. She is a waitress.
Evi : What does she look like?
Eka : She looks friendly and neat.
Activity 2:
In pairs, answer the following questions based on the
dialogues in activity 1.
1.
Where
does Mr Fandi work?
2.
What
does he do?
3.
Does
Ima work for Garuda Indonesia Airways?
4.
Where
does she work?
5.
Is
she a cook or a waitress?
Activity
3:
Observe
the picture, then answer the questions orally.
1.
Do
you know who she is?
2.
What
type of hair does she have?
3.
How
does she look like?
4.
What
does she do?
Activity
4:
Work
in pairs. Take turn to describe your friend, also mention your friend address,
hobby and habit.
For example:
This is my friend. His name is Andi. He lives in
Kedawung village. His hobby is swimming in the pool. His habit is sleeping in the
class during the teaching learning process is going on. He is tall and slim. He
has a black and curly hair. He has a pointed nose. He has a slanting eye.
2)
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Accuracy:
1.1
lafal,
intonasi, pilihan ujaran/kata/ dan struktur sangat tepat
1.2
lafal,
intonasi, pilihan ujaran/kata tepat
1.3
lafal,
intonasi, pilihan ujaran/kata cukup tepat
1.4
lafal,
intonasi, pilihan ujaran/kata kurang tepat
|
||||
2.
|
Fluency:
2.1 percakapan berlangsung sangat lancar
2.2 percakapan berlangsung lancar
2.3 percakapan berlangsung cukup lancar
2.4 percakapan berlangsung kurang lancar
|
||||
3.
|
Appropriacy:
3.1 kata,ujaran,kalimat yang digunakan sangat sesuai
dg situasi dan topik percakapan
3.2 kata,ujaran,kalimat yang digunakan sesuai dg
situasi dan topik percakapan
3.3 kata,ujaran,kalimat yang digunakan cukup sesuai
dg situasi dan topik percakapan
3.4 kata,ujaran,kalimat yang digunakan kurang sesuai
dg situasi dan topik percakapan
|
Ket: 1= kurang
2= cukup 3= baik 4= sangat baik
1 = 45=59 2 = 60-69
3= 70-84 4= 85-100
Answer key:
Activity 2:
- He works for Garuda Indonesia Airways.
- He is a pilot.
- No. Ima works in a restaurant.
- She works in a restaurant.
- She is a waitress.
Mengetahui, Cirebon,
9 Mei 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar