RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Menulis
Topik : Procedure text
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek
sangat sederhana berbentuk descriptive dan
procedure untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai
pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk procedure.
C. Indikator
1. Melengkapi teks procedure.
2. Menyusun
teks procedure.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Melengkapi teks procedure dengan benar.
2. Menyusun teks procedure dengan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan:
Dapat dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
E. Materi Pembelajaran
Unsur
kebahasaan terkait dengan teks prosedur:
-
Simple
present
-
Imperative
(example: don’t boil, stir, etc.)
-
Action
verb (example: mix, pour, put, stir, etc.)
-
Connectives/Sequence
(example: first, finally, then, etc.)
-
Adverb
(fairly, well, etc.)
Langkah
retorika terkait dengan teks prosedur:
-
Goal/purpose: to give information what we
need.
-
Material: things that you need to make an
object.
-
Method/steps: the information about steps to
make an object.
F. Metode
Pembelajaran:
Cooperative Learning (Think Pair Share)
G. Langkah-Langkah
Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan
sebelumnya.
2)
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan tentang penulisan introduction terkait dengan teks prosedur.
·
Guru
menjelaskan tentang kosa kata, tata bahasa, dan langkah retorika terkait dengan
penulisan teks monolog prosedur.
·
Guru
memberikan teks prosedur tentang “Making
Scrapbook” (activity 1).
·
Guru
meminta siswa untuk membaca teks prosedur tersebut.
·
Guru
meminta siswa untuk menulis frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk
menulis teks prosedur.
b)
Elaborasi
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
·
Guru
memberikan teks prosedur tentang “How to
Make Oriental Fried Rice” (activity 2).
·
Guru
menugaskan kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk menyusun
kembali teks prosedur yang tidak tersusun dengan benar.
·
Peserta
didik menyusun kembali teks prosedur tersebut secara berpasangan dengan
kelompok.
·
Guru
memberikan menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok untuk melengkapi
kalimat yang rumpang dalam Activity 3
terkait dengan teks prosedur.
·
Peserta
didik melengkapi kalimat yang rumpang secara berkelompok.
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui oleh siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang langkah retorika, kosa kata, dan
tata bahasa yang terkait dengan teks prosedur.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1) Sumber
belajar : Priyana, Joko,
dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Authentic Material (Oriental Fried Rice), spidol,
penghapus.
3) Media : Papan tulis, teks procedure.
I.
Penilaian
1)
Instrumen
1. Read the following text carefully. 2. Rearrange this jumbled text. Do it in pairs.
3. Complete the following sentences with the words in the box.
Homework:
Compose
your own procedural text. The topic is up to you. Remember the rhetorical steps
of a procedural text.
1)
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Grammar/mechanics
|
|||||
2.
|
Overall effectiveness of the message
|
setiap
skor dikalikan dua sehingga skor tertinggi 20
·
Evaluasi
Writing Activity 1 and 2.
The number of question is 20
Total scoring: 20 x 5 = 100
Example: 18 x 5 = 90.
Mengetahui, Cirebon,
2 Mei 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar