Chibi Captain America

Sabtu, 18 Juni 2016

Procedure Text (Writing Skill - RPP KTSP) Kelas 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)

Nama Sekolah                   :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon

Kelas/ Semester                :           VII (Tujuh) F/2

Mata Pelajaran                :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                       :           Menulis
Topik                                 :           Procedure text
Alokasi Waktu                 :           6 x 40 menit
Kurikulum                       :           KTSP

A.    Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esai pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk procedure.
C.    Indikator
1.   Melengkapi teks procedure.
2.   Menyusun teks procedure.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Melengkapi teks procedure dengan benar.
2.   Menyusun teks procedure dengan tepat.
   Karakter siswa yang diharapkan:        Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                               Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                               Tekun (diligence)
E.     Materi Pembelajaran
  Unsur kebahasaan terkait dengan teks prosedur:
-    Simple present
-    Imperative (example: don’t boil, stir, etc.)
-    Action verb (example: mix, pour, put, stir, etc.)
-    Connectives/Sequence (example: first, finally, then, etc.)
-    Adverb (fairly, well, etc.)
Langkah retorika terkait dengan teks prosedur:
-    Goal/purpose: to give information what we need.
-    Material: things that you need to make an object.
-    Method/steps: the information about steps to make an object.
F.     Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Think Pair Share)
G.    Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
2)   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
·   Guru menjelaskan tentang penulisan introduction terkait dengan teks prosedur.
·   Guru menjelaskan tentang kosa kata, tata bahasa, dan langkah retorika terkait dengan penulisan teks monolog prosedur.
·   Guru memberikan teks prosedur tentang “Making Scrapbook” (activity 1).
·   Guru meminta siswa untuk membaca teks prosedur tersebut.
·   Guru meminta siswa untuk menulis frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks prosedur.
b)  Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara berpasangan.
·   Guru memberikan teks prosedur tentang “How to Make Oriental Fried Rice” (activity 2).
·   Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok secara berpasangan untuk menyusun kembali teks prosedur yang tidak tersusun dengan benar.
·   Peserta didik menyusun kembali teks prosedur tersebut secara berpasangan dengan kelompok.
·   Guru memberikan menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok untuk melengkapi kalimat yang rumpang dalam Activity 3 terkait dengan teks prosedur.
·   Peserta didik melengkapi kalimat yang rumpang secara berkelompok.
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui oleh siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang langkah retorika, kosa kata, dan tata bahasa yang terkait dengan teks prosedur.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media, Alat dan Sumber Belajar
1) Sumber belajar                 : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2) Alat                                   : Authentic Material (Oriental Fried Rice), spidol,
                                                            penghapus.
3) Media                                : Papan tulis, teks procedure.
I.    Penilaian
1)   Instrumen
1. Read the following text carefully. 

2. Rearrange this jumbled text. Do it in pairs. 

3. Complete the following sentences with the words in the box.

Homework:

Compose your own procedural text. The topic is up to you. Remember the rhetorical steps of a procedural text.

1)   Rubrik Penilaian
No.
Aspek penilaian
1
2
3
4
5
1.
Grammar/mechanics





2.
Overall effectiveness of the message





setiap skor dikalikan dua sehingga skor tertinggi 20
·         Evaluasi Writing Activity 1 and 2.
The number of question is 20
Total scoring: 20 x 5 = 100
            Example: 18 x 5 = 90. 




Mengetahui,                                                           Cirebon, 2 Mei 2016

Guru Pembimbing,                                               Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                     Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                        NPM: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar