RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester :
VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Skill/Aspek :
Membaca
Topik : Descriptive text
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
Kurikulum : KTSP
A. Standar Kompetensi
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat
sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat.
B. Kompetensi Dasar
11.2
Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam
esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive.
C. Indikator
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks
descriptive.
2. Menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir proses
pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive dengan benar.
2. Menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya (trustworthiness)
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence)
Tanggung
Jawab (Responsibility)
E.
Materi Pembelajaran
1. Definisi
Descriptive
text is a text that describes the characteristics of a specific thing, for
example a specific person, animal, or object.
2.
Langkah retorika
-
Introduction
The part of that gives general information about
person (name, job, and age).
-
Description
The
part that describes the person in details (for example how he/she looks like,
how tall, how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and
leg).
Sometimes
a descriptive text has a general comment at the end, for example: He is a good person
and we love him very much.
3.
Ciri kebahasaan terkait
teks descriptive
-
Simple
present tense
-
Particular
nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-
Adjectives
(example: strong, tall, short, etc.)
-
Adverbials
(example: at the tree house, in the forest, etc.)
4. Fungsi
komunikatif
To
describe a particular person, place, or thing.
F.
Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Think Pair Share)
G.
Langkah-Langkah Kegiatan
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Salam
(Greeting)
·
Guru
meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·
Mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan
sebelumnya.
2) Kegiatan
Inti
a)
Eksplorasi
·
Guru
membacakan introduction tentang teks descriptive yang kemudian akan
dihubungkan dengan topik materi yang akan dijelaskan.
·
Guru
menjelaskan kosa kata, ciri kebahasaan, fungsi komunikatif, dan langkah
retorika terkait dengan descriptive text.
·
Guru
memberikan beberapa kosa kata yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan
bagian-bagian tubuh yang harus dipelajari siswa secara berpasangan (activity
1).
b)
Elaborasi
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok berpasangan.
·
Guru
memberikan beberapa kosa kata yang harus dicocokkan dengan adjective yang tepat berdasarkan dengan apa yang sudah dipelajari
pada activity 1 (activity 2).
·
Guru
menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi langkah
retorika, dan informasi yang ada pada teks descriptive
(activity 3).
·
Siswa
menganalisis informasi dan langkah retorika yang ada pada teks descriptive yang diberikan.
·
Guru
menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok untuk mengisi beberapa kalimat
yang rumpang dengan adjective yang
sudah disediakan terkait dengan teks descriptive
(activity 4).
c)
Konfirmasi
·
Guru
bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·
Siswa
bersama dengan guru memberikan ulasan tentang kosa kata, ciri kebahasaan,
fungsi komunikatif, dan langkah retorika terkait dengan descriptive text.
3)
Kegiatan Penutup
·
Guru
menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah
diberikan.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Media,
Alat dan Sumber Belajar
1)
Sumber
belajar : Priyana, Joko, dkk.
Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII
Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)
Alat : Gambar relevan, spidol,
penghapus.
3)
Media :
Papan tulis, teks descriptive relevan.
I. Penilaian
1)
Instrumen
Activity
1:
Learn
how to describe parts of the body below. Work in pairs.
1.
a fat man a slim
woman a tall man a short woman
an oval face a round
face straight hair curly hair
thick
lips thin
lips a pointed nose a flat nose
black
hair grey
hair round
nose a slanting eye
Activity
2:
In
pairs, match each name of parts of the body with its descriptive word. Discuss
the Indonesian words of the descriptive adjectives. Open your dictionary if
necessary. See the example.
Activity
3:
Read the text below and
answer the questions. Then, compare your answers with a classmate’s.
Questions
- What is Mr. Danu?
- How old is he?
- How does he look like?
- How does his nose look like?
- How do his lips look like?
- How does his hair look like?
- Is he strong?
- What is the colour of his skin?
- Is she diligent?
- Is she clever?
Activity
4:
Homework:
Read the following text and
choose the best answer by crossing the letter either a, or b on the questions
below!
I am Siti and my sister is Dewi. My sister and I look
very different.
I have blue eyes and she has green eyes. We have black
hair, but I have long, straight hair and she has short, curly hair. I am tall
and thin, but she is short and heavy.
As you can see, I do not look like my sister. We look
different.
- Siti and Dewi look _________
B. The same
C. different
- Dewi’s eyes are _____
a.
Black
b.
Green
- Siti’s hair is _____
a.
Short
b.
Black
- Dewi’s hair is ______
a.
Curly
b.
Long
- ______ is short.
a.
Dewi
b.
Siti
2)
Rubrik Penilaian
No
|
Name
|
Genre
|
Reading
Time
|
Comprehension
|
Problem solving
|
Self
Analysis
|
Comments
|
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
Evaluasi Reading Activity 2,
3 & 4.
The number of question is 23
Total scoring: 23 x 4.35 = 100
Example: 10 x 4.35= 43.5
Answer key:
Activity 2:
- Slanting eye
- Round face
- Curly hair
- Long leg
- Strong mouth
- Big nose
- Brown skin
- White teeth
Activity 3:
- A farmer
- 50 years old.
- He is tall and handsome.
- A pointed nose
- Thick lips
- Straight hair
- Yes. He is very strong.
- His skin is brown.
- Yes. He is very diligent.
- Yes. He is also smart and honest.
Activity 4:
- Strong and handsome
- Tall, slim.
- Blonde
- Oval
- Pointed
Homework:
- B
- B
- B
- A
- A
Mengetahui, Cirebon,
12 Mei 2016
Guru Pembimbing, Mahasiswa,
Tayanti Dewi
Utari, S.Pd. Anton
Muzaeni Syukur
NIP: NPM:
113060084Media:
Activity 2
Activity 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar