Chibi Captain America

Minggu, 19 Juni 2016

Descriptive Text (Reading Skill - RPP KTSP) Kelas 7



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 

Nama Sekolah                 :           SMP Negeri 4 Kota Cirebon
Kelas/ Semester               :           VII (Tujuh) F/2
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Skill/Aspek                      :           Membaca
Topik                               :           Descriptive text
Alokasi Waktu                 :           4 x 40 menit
Kurikulum                       :           KTSP

A.    Standar Kompetensi
11.     Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
B.     Kompetensi Dasar
11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.
C.    Indikator
1.   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive.
2.   Menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive.
D.    Tujuan Pembelajaran
Pada akhir proses pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.   Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks descriptive dengan benar.
2.   Menyebutkan ciri kebahasaan teks descriptive dengan benar. 
              Karakter siswa yang diharapkan:      Dapat dipercaya (trustworthiness)
                                                                        Rasa hormat dan perhatian (respect)
                                                                        Tekun (diligence)
                                                                        Tanggung Jawab (Responsibility)
                                                           
E.                                                                                                  Materi Pembelajaran
1.   Definisi
Descriptive text is a text that describes the characteristics of a specific thing, for example a specific person, animal, or object.
2.   Langkah retorika
-    Introduction
The part of that gives general information about person (name, job, and age).
-    Description
           The part that describes the person in details (for example how he/she looks like, how tall, how slim/fat, his/her face shape, nose, eyes, forehead, arms, and leg).
           Sometimes a descriptive text has a general comment at the end, for example: He is a good person and we love him very much.
3.      Ciri kebahasaan terkait teks descriptive
-       Simple present tense
-       Particular nouns (example: teacher, house, my rabbit, etc.)
-       Adjectives (example: strong, tall, short, etc.)
-       Adverbials (example: at the tree house, in the forest, etc.)
4.      Fungsi komunikatif
         To describe a particular person, place, or thing.
F.  Metode Pembelajaran: Cooperative Learning (Think Pair Share)
G. Langkah-Langkah Kegiatan
1)   Kegiatan Pendahuluan
·   Salam (Greeting)
·   Guru meminta siswa untuk memimpin membaca do’a.
·   Mengecek kehadiran siswa.
·   Guru memberikan stimulus berupa pertanyaan tentang hal yang dilakukan pada pertemuan sebelumnya.
2)   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
·      Guru membacakan introduction tentang teks descriptive yang kemudian akan dihubungkan dengan topik materi yang akan dijelaskan.
·      Guru menjelaskan kosa kata, ciri kebahasaan, fungsi komunikatif, dan langkah retorika terkait dengan descriptive text.
·      Guru memberikan beberapa kosa kata yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan bagian-bagian tubuh yang harus dipelajari siswa secara berpasangan (activity 1).
b)  Elaborasi
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok berpasangan.
·         Guru memberikan beberapa kosa kata yang harus dicocokkan dengan adjective yang tepat berdasarkan dengan apa yang sudah dipelajari pada activity 1 (activity 2).
·   Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi langkah retorika, dan informasi yang ada pada teks descriptive (activity 3).
·   Siswa menganalisis informasi dan langkah retorika yang ada pada teks descriptive yang diberikan.
·   Guru menugaskan kembali kepada masing-masing kelompok untuk mengisi beberapa kalimat yang rumpang dengan adjective yang sudah disediakan terkait dengan teks descriptive (activity 4).
c)   Konfirmasi
·   Guru bertanya jawab tentang hal yang belum diketahui siswa.
·   Siswa bersama dengan guru memberikan ulasan tentang kosa kata, ciri kebahasaan, fungsi komunikatif, dan langkah retorika terkait dengan descriptive text.
3)   Kegiatan Penutup
·   Guru menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami materi yang telah diberikan.
·   Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.    Media, Alat dan Sumber Belajar
1)   Sumber belajar      : Priyana, Joko, dkk. Scaffolding: English for Junior High School Grade VII. 2008. Jakarta.
Wardiman, Artono. English in Focus 1 for Grade VII Junior High School. Jakarta. 2008. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Buku BSE (2008); Buku BSE: for Grade VII Junior High School (2008).
2)   Alat                       : Gambar relevan, spidol, penghapus.
3)   Media                    : Papan tulis, teks descriptive relevan.
I.    Penilaian
1)   Instrumen
Activity 1:
Learn how to describe parts of the body below. Work in pairs.

1.     
 








a fat man         a slim woman                          a tall man        a short woman



 






an oval face     a round face                           straight hair                curly hair
 





 
thick lips         thin 






                                                                    lips                                   a pointed nose a flat nose
 



                                   

             

black hair        grey hair                                  round nose     a slanting eye

Activity 2:
In pairs, match each name of parts of the body with its descriptive word. Discuss the Indonesian words of the descriptive adjectives. Open your dictionary if necessary. See the example.
 








Activity 3:
Read the text below and answer the questions. Then, compare your answers with a classmate’s.
 






Questions
  1. What is Mr. Danu?
  2. How old is he?
  3. How does he look like?
  4. How does his nose look like?
  5. How do his lips look like?
  6. How does his hair look like?
  7. Is he strong?
  8. What is the colour of his skin?
  9. Is she diligent?
  10. Is she clever?
Activity 4:



In pairs, complete the following description about Captain David Michael. Look at the picture and words in the box.
 


Homework:
Read the following text and choose the best answer by crossing the letter either a, or b on the questions below!

I am Siti and my sister is Dewi. My sister and I look very different.
I have blue eyes and she has green eyes. We have black hair, but I have long, straight hair and she has short, curly hair. I am tall and thin, but she is short and heavy.
As you can see, I do not look like my sister. We look different.

  1. Siti and Dewi look _________
B.  The same                
C.  different
  1. Dewi’s eyes are _____
a.    Black                     
b.   Green
  1. Siti’s hair is _____
a.    Short
b.   Black
  1. Dewi’s hair is ______
a.    Curly
b.   Long
  1. ______ is short.
a.    Dewi
b.   Siti


2)      Rubrik Penilaian
No
Name
Genre
Reading
Time
Comprehension
Problem solving
Self
Analysis
Comments

1.







2.







3.







4.







5.








Evaluasi Reading Activity 2, 3 & 4.
The number of question is 23
Total scoring: 23 x 4.35 = 100
Example: 10 x 4.35= 43.5

Answer key:
Activity 2:
  1. Slanting eye
  2. Round face
  3. Curly hair
  4. Long leg
  5. Strong mouth
  6. Big nose
  7. Brown skin
  8. White teeth
Activity 3:
  1. A farmer
  2. 50 years old.
  3. He is tall and handsome.
  4. A pointed nose
  5. Thick lips
  6. Straight hair
  7. Yes. He is very strong.
  8. His skin is brown.
  9. Yes. He is very diligent.
  10. Yes. He is also smart and honest.
Activity 4:
  1. Strong and handsome
  2. Tall, slim.
  3. Blonde
  4. Oval
  5. Pointed
Homework:
  1. B
  2. B
  3. B
  4. A
  5. A



Mengetahui,                                                        Cirebon, 12 Mei 2016
Guru Pembimbing,                                            Mahasiswa,



Tayanti Dewi Utari, S.Pd.                                 Anton Muzaeni Syukur
NIP:                                                                    NPM: 113060084


Media:
Activity 2






























Activity 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar